Bila Hub/Freehub “Ngelos”

By: Deny Suwarja

 

Pada waktu gowes di tepi hutan beberapa waktu lalu. Saat melewati jalan berumput yang cukup tebal. Tiba-tiba, saat crank digowes. Terasa ringan. Hampir terjatuh, karena ternyata ban belakan sama sekali tidak mau berputar. Anehnya, rantai tetap berputar.

Karena sendirian, dan berada di tepi hutan yang cukup lebat. Waktu itu cukup panik, sehingga sempat SMS ke salah seorang teman tentang kondisi tersebut. Waktu itu, teman menyarankan, coba saja diputar balik atau diputar ke depan berulang-ulang. Siapa tahu untuk sementara bisa normal kembali. Ternyata benar. Roda kembali bisa berputar dan sepeda bisa dikendarai seperti biasanya.

Tapi perasaan shock atas kejadian tadi, menjadikan saya tidak berani melakukan shiftin atau apapun. Perjalan dilanjut nanjak ke sebuah bukit. Selamat, bisa sampai puncak.

Anehnya, saat akan pulang dan jalan menurun. Kembali crank ngelos, dan tidak bisa digowes. Bahkan rantai beberapa kali nyangkut karena terlalu kendor dan shifter tidak bisa dilakukan karenanya. Akhirnya, pasrah. Turun dari sepeda dan memindahkan rantai ke gir kecil secara manual. Dilanjutkan mengendarai tanpa berani memutar pedal. Untunglah jalanan menurun.

Sesampainya di rumah, sepeda langsung dimandikan dan dibawa ke bengkel. Saat dicek, ternyata hub/freehubnya terganggu karena penuh dengan air dan berkarat! Kawat yang terdapat di dalamnya putus akibat karat yang terlalu lama.

Waktu itu saya pikir, harus merogoh saku dan “jajan” untuk membeli hub/freehub baru. Tapi ternyata, si mekanik bengkel bisa membersihkan dan mengakali dengan mengganti kawat yang putus dengan kawat pegas bekas ballpoint!

Sampai sekarang, hub/freehub tersebut masih oke performance-nya sekalipun sudah ada komponen yang diganti dengan kawat ballpoint!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s