Melumasi Kabel Shifter

By Deny Suwarja

Pada saat kita melakukan shifting seringkali, menjadi terasa berat. Bahkan, saat dipaksakan bila kabel shifternya jelek. Kabel akan putus. Masih mending bila putusnya kabel itu di jalan yang masih di dalam kota. Kalau di gunung atau di kampung yang jauh dari bengkel sepeda?

Beratnya shifter pada waktu dilakukan shifting, terjadi akibat kita lalai membersihkan atau melumasi kabelnya. Karena kehujanan dan terlalu lelah. Kita lalai untuk membersihkan sendiri. Banyak diantara kita yang memilih untuk cuci steam. Membiarkan sepeda kita disemprot dengan air yang bertegangan tinggi. Padahal kalau kita menyadari akibatnya, bisa dipastikan tidak akan mencuci dengan mempergunakan jasa steam tersebut. Karena tekanan air yang tinggi dan disemprotkan ke sepeda kita, seapik apapun. Dipastikan air bisa memasuk pelindung kabel, hub/freehub atau bahkan masuk ke dalam ban dalam kita. Akibatnya, performance dari komponen-komponen tersebut terganggu.

Padahal untuk membersihkan sepeda, tidak lebih dari 30 menit saja. Tidak terlalu repot. Bahkan, kita bisa merawat dan membersihkan dengan sepuas hati. Melumasi bagian-bagian yang mungkin tidak akan dilakukan di tempat steam tadi.

Untuk membersihkan kabel shifter, sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan memutarkan ban belakang sepeda. Tentunya  sepeda sudah berdiri dengan menggunakan standar segitiga. Sementara ban berputar, tekanlan tuas shifter RD sehingga berpindah pada gear yang paling besar. Setelah itu, hentikan putaran roda dengan rem belakang. Lalu tekan kembali tuas shifter sampai berpindah ke gear yang kecil. Kabel dipastikan akan kendor, dan kita dapat mencabut pelindung kabelnya dari frame. Longgarkan atau turunkan atau naikkan pelindungnya. Bersihkan kabel dengan menggunakan lap bersih. Kemudian berikan pelumas, apakah itu minyak rantai atau singer atau bisa juga minyak fork. Yang penting pelumaslah…

Bila kabel sudah dibersihkan dan dilumasi, kembalikan pelindung kabel pada posisi semula. Naikkan kembali posisi shifter ke semula dengan memutar crank agar ban belakang berputar. Selesai.

Untuk membersihkan kabel shifter pada FD dilakukan dengan cara yang sama. Selamat mencoba! And Keep gowes !

Kgc Garut Mountain Bike

One thought on “Melumasi Kabel Shifter”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s