Panduan Membeli Sepeda Gunung

Memiliki sepeda gunung atau mountain bike pertama Anda mungkin adalah hal yang paling menarik yang diinginkan. Tapi masalahnya adalah, Anda tidak tahu sepeda gunung apa dan yang bagaimana yang sesuai untuk Anda. Teman-teman Anda mungkin menyarankan untuk membeli merek tertentu, sementara toko sepeda mengatakan sebaliknya. Caranya adalah untuk duduk, bersantai, dan mencari tahu apa yang Anda butuhkan. Ini Caranya adalah untuk duduk, bersantai, dan mencari tahu apa yang Anda butuhkan. Trik agar tidak bingung, sebaiknya duduk rileks dan mencari tahu sepeda apa yang Anda butuhkan.  Berikut adalah panduan sederhana, untuk membeli sepeda gunung.

1. Sesuaikan Budget, Tujuan Penggunaan dan Upgrade yang Diinginkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli sepeda adalah mengatur budget Anda. Entry-level sepeda low-end akan mengharuskan Anda menyediakan budget sekitar Rp. 1,2 juta – 2,5 juta . Tentu saja,  sepeda gunung high-end bisa menghabiskan di atas itu atau bahkan puluhan juta.

Mempersempit kisaran anggaran dengan menentukan jenis sepeda apa yang diinginkan, benar-benar akan sangat membantu. Anda tidak membutuhkan sepeda gunung dengan dobel suspensi bila hanya untuk pergi ke toko atau ke kantor. Tentukan tujuan penggunaan sepeda gunung yang diinginkan, akan membantu jumlah anggaran dan mendapatkan sepeda yang tepat. Tidak usah membeli sepeda gunung untuk aktifitas downhill sementara yang Anda lakukan hanya XC atau cross country.

2. Tentukan Komponen Sepeda Gunung yang Diinginkan.

Bila saatnya tiba Anda bisa meng-upgrade satu per satu atau sebagai suatu groupset. Jika Anda seorang pemula dan menginginkan sepeda gunung yang terlihat bagus dan bisa dipergunakan untuk gowes jarak jauh, sepeda kelas menengah sekitar Rp. 1,5 juta sampai 3 juta sudah cukup. Dengan budget segitu, Anda bisa mendapatkan sepeda gunung yang cukup baik dengan suspensi depan dan groupset yang cukup pula. Sambil meningkatkan keterampilan,  Anda dapat meningkatkan atau up-grade komponen sepeda dengan yang lebih baik dan lebih mumpuni.

Tetapi, bila budget bukan merupakan satu masalah bagi Anda. Lebih baik membeli sepeda yang paling baik dan sesuai dengan tujuan dan keinginan. Sehingga, kelak tidak menyesal.

3. Tentukan Ukuran Frame Sepeda Gunung yang Diinginkan

Ukuran frame, adalah hal yang paling pentig saat Anda akan membeli sebuah sepeda gunung. Ukuran frame sepeda gunung pada umumnya 7,62 cm lebih kecil daripada ukuran sepeda yang dipergunakan untuk onroad.

Cara yang paling mudah adalah dengan meletakkan sepeda di antara kaki Anda. Biarkan ujung sadel menyentuh bagian bawah punggung Anda. Angkat roda depan hingga “top tube” menyentuh selangkangan. Roda depan diangkat sekitar 7-13 cm dari atas tanah. Frame merupakan bagian yang paling penting karena kenyamanan dan kemampuan bersepeda secara optimal ditentukan oleh bagian ini. Mungkin bisa ada penyesuaian kecil  dengan memenyesuaikan panjang batang, tinggi dan sudut sadel dll.  Jangan lupa untuk memeriksa adanya penyok atau cacat pada frame sepeda. Tentunya kita tidak ingin, mendapat sepeda baru yang ternyata cacat atau ternyata malah di repaint.

4. Kenyamanan Sadel Sepeda Gung

Pesepeda gunung harus mempertimbangkan jenis sadel sepedanya. Hal ini sangat penting karena sadel itu akan Anda duduki selama kurang lebih 2 jam. Baik digunakan di jalur off-road atau on-road. Jenis sadel sepeda yang akan akan Anda beli dijadikan pertimbangan yang penting juga. Apakah sadel itu terasa enak dan nyaman dipakai? Jika tidak, lebih baik diganti dengan sadel  yang lebih baik. Jangan berkompromi dengan sadel sepeda Anda. Untuk perempuan, pastikan untuk memiliki sadel yang dibuat khusus untuk perempuan. Sadel perempuan dibua lebih lebar dan dibuat untuk lebih nyaman.

5. Pastikan Shifter dalam Keadaan Baik

Sebelum keluar dari toko dan mengendarai sepeda gunung Anda, sebaiknya cek dan pastikan secara komprehensi shifter (pemindah gigi) dalam keadaan yang baik. Jalankan atau putarkan roda belakang, dan lihat apakah perpindahan dan pergeseran RD dan FD halus atau tidak. Tidak tersendat atau loncat-loncat. Amati baik-baik, apakah ujung kabel sudah ditutup atau belum. Walaupun sepele, terkadang ujung kawat yang terbuka bisa melukai kaki.Terakhir, sebaiknya Anda perhatikan apakah, RD telah sesuai dengan shifternya. Karena RD bagian yang lebih penting daripada FD dalam hal pemindahan gigi (gearing). Jangan ragu, untuk meminta teknisi toko menyetel RD dan FD agar perpindahan gigi benar-benar smooth.

6. Rem
Periksa rem apakah bekerja dengan baik atau tidak. Anda harus dapat mengunci roda dengan menggunakan dua jari. Jika jenis v-brake yang dipasang, periksa apakah sejajar dan luruh atau tidak.  Kedua brake-pad apakah menyentuh pelek atau tidak saat berputar. Periksa juga apakah pad (bantalan) rem jarakanya sama dari RIM.

7. Roda
Putarkan roda saat Anda akan membeli sepeda gunung pertama Anda dan lihat secara seksama putaran ban diantara bantalan rem atau salah satu sisi garpu. Lihat apakah jarak antara kedua tetap konstan. Jika tidak, maka tidak selaras. Mintalah teknisi toko, untuk menyelaraskan dengan menyetel jari-jari atau membetulkan ban yang mungkin kurang presisinya. Periksa ban juga. Mereka seharusnya benar-benar baru dan belum ada penampakan bahwa belum pernah dipakai.

8. Suspensi

Suspensi depan adalah bagian garpu dari sepeda gunung. Pada dasarnya berfungsi sebagai suspensi depan. Ada pula suspensi belakang (rear shock) yang terdapat pada sepeda full suspension (fulsus), yang menempel pada garpu belakang dengan maksud mengurangi atau meredam getaran yang terjadi saat melaju di jalan off-road. Sangat penting untuk menentukan pilihan, apakah akan membeli sepeda hard-tail (HT) dengan hanya suspensi depan atau sepeda fulsus dengan suspensi depan belakang. Berikut adalah hal yang patut diingat, saat menentukan jenis sepeda yang diinginkan.

– Panjang travel dari suspensi depan. Biasanya berkisar antara 1-4 inches (2,5 – 10 cm) tergantung dari jenis sepeda gunung yang akan Anda beli

– Perancangan sistem suspensi belakang – terdapat perbedaa desain  pada suspensi belakang dengan karakteristik yang berbeda pada waktu dikendarai. Pastikan untuk menguji menaiki sepeda yang akan dibeli sehingga Anda tahu bagaimana rasanya.
– Adjustment,  Ini akan menyenangkan untuk memiliki sistem suspensi adjustable (bisa disesuaikan). Dengan cara ini, Anda dan sepeda Anda akan dapat menyesuaikan travel yang sesuai dengan berbagai jenis medan.

Demikianlah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan tentang apa dan bagaimana seharusnya dipertimbangkan pada waktu akan membeli sepeda.  Ingatlah hal-hal di atas untuk membantu Anda dalam memilih sendiri Mountain Bike. Selalu ingat bahwa kinerja dan kualitas adalah sangat penting.

Sumber :

http://www.abc-of-mountainbiking.com/mountain-bike/mountain-bike-buying-guide.asp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s