Teknik Dasar Bersepeda Gunung

Bagian ini mencakup teknik singkat namun sangat mendasar dan diperlukan ketika Anda mulai bersepeda gunung. Untuk beberapa orang, daftar ini mungkin sudah biasa. Tetapi untuk sebagian orang mungkin masih berguna. Adapun teknik dasar yang harus Anda ketahui diantaranya:

1. Selalu berkomitmen untuk tetap pada tujuan atau pada trek yang dituju.  Jika Anda ragu, misalnya karena Anda takut hambatan atau rintangan yang berbahaya, lebih baik diurungkan.   Seringkali karena  rasa takut atau keragu-raguan yang berlebihan pada saat bersepeda gunung.  Mengakibatkan hal yang tidak diinginkan, sehingga Anda mengalami hal yang tidak diinginkan.

2.  Pikiran Anda harus jauh 2-3 langkah bergerak ke depan. Jangan terjebak oleh beratnya kondisi trek yang dilalui. Berpikirlah dan selalu menyadari hal berikutnya yang harus Anda lakukan bila menemui kontur trek yang berbeda.

3. Pandangan Anda jangan terpaku pada pesepeda di depan Anda.  Sebab salah-salah Anda menggilas  sepotong batu atau lubang yang justru dihindari oleh pesepeda di depan Anda . Arahkan pandangan Anda pada kontur trek  1-2 meter di depan Anda. Jangan fokus pada roda depan atau roda belakang pengendara di depan Anda.

4.  Shifting pada gear yang renda bila melewati kontur berpasir, air atau lumpur. Pindahkan berat Anda lebih ke roda belakang dengan sedikit mengangkat paha. Jangan mempergunakan rem ini hanya akan menyebabkan Anda kehilangan traksi  yang sudah yang anda miliki sedikit. Tetap tenang dan hanya “spin” mengayuh dengan pelan tapi pasti. Hal ini akan memungkinkan ban depan Anda untuk berputar dan melindas medan “lembut”.

5. Turunkan sadel sepeda Anda saat Anda akan menuruni turunan curam. Hal ini akan memungkinkan lebih banyak waktu untuk bereaksi terhadap hambatan yang tidak terduga. Selain itu, lebih mudah untuk jatuh dari bagian belakang sepeda daripada terbang di atas setang saat Anda lepas kontrol.

6. Jangan berpegangan terlalu kuat pada setang (handlebar).  Pada saat menanjak. ini akan membuat tubuh bagian atas tegang dan  ban Anda berputar lebih cepat. Melonggarkan tetapi, tidak longgar.

7. Jangan letakkan ibu jari Anda di atas stang (handlebar).  Ini akan membuat lebih mudah bagi Anda  kehilangan pegangan jika menabrak sesuatu yang tidak terduga.

8. Sedikit tekuk siku dan longgarkan bahu Anda, tapi tidak berarti membungkuk. Hal ini akan membantu dalam menyerap guncangan yang mungkin Anda alami di trek yang kasar

Disarikan dari: http://www.abc-of-mountainbiking.com/mountain-biking-techniques/very-basics.asp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s