Cara Memilih Ban Sepeda

by: Budi Prakoso

Memilih ban sepeda gunung susah susah gampang. Produsen lebih terkonsentrasi membuat ban khusus untuk satu medan saja. Setelah pameran Interbike, produsen ban kembali mengembangkan produk ban mereka. Agar  ada kombinasi antar medan, khususnya bagi pemakaian sehari hari. Kali ini pendapat versi Vellonews, ada 3 yang diberikan referensi dengan medan dan pemakaian sehari hari. Produk dari Michelin, WTB dan Kenda.

Velonews  memberikan informasi ada 3 ban cantik saat ini.
Dari kiri kekanan : Kenda Small Block, Michelin Mud 2, WTB Cross Wolf

Ban memang banyak sekali modelnya. Seperti khusus untuk lumpur, batu, ataupun medan ringan. Sebenarnya tidak terlalu sulit memilih ban. Lihat saja saran dari pabrikan, sudah ada ketentuan apakah ban sangat baik digunakan untuk medan lumpur atau berbatu.
Kesulitannya, banyak yang membutuhkan kombinasi ban antara nyaman dan bisa disegala medan. Hal ini memang sulit.

Kenda Small Block.
Berat hanya 335 gram, tebal knob 2mm dengan ukuran 31.5mm lebar.
Ban ini cocok untuk medan kering dan mampu berlari kencang. Knob dari ban dibuat lebih rapat. Knob dibagian tengah di disain lebih rapat.
Saran untuk ban ini diperuntukan

// //

bagi medan kering dan mampu bergulir dengan cepat. Karena knob yang kecil dan kerapatan dari jarak knob ban membuat ban ini lebih bebas hambatan.

Michelin Mud 2
Ukuran 30mm, berat 326g, ketinggian knob 2mm ditengah dan 2.5mm disamping.
Ban ini mampu melewati medan campuran sampai lumpur. Dikatakan juga ban Michelin Mud 2 bukanlah secara penuh menaklukan lumpur, tetapi menjembatani antara kebutuhan medan crosscountry dengan pemakaian sehari hari. Ban ini juga ringan dan mampu mengelinding lebih cepat dalam medan kering. Knob center yang membentuk garis lurus. Mirip kemampuan ban Kenda Small Block, hanya si Michelin Mud 2 bisa beradaptasi diantara 2 medan berbeda.

Cross WTB Wolf
Berat 355g, ukuran 32mm, knob 3mm tengah dan 4mm sisi samping.
Ban ini cocok untuk lumpur. Ketika dicoba untuk medan biasa, ban ini juga mantap. Karena ringan dan sisi knob tengah ban yang rapat.

3 saran dari pilihan diatas, bisa dijadikan referensi untuk anda. Mungkin saja pilihan 3 pabrikan ban diatas menghasilkan perbedaan pendapat. Setidaknya dapat dijadikan referensi, seperti apa kira kira ban idaman bagi sepeda gunung anda.

Sumber:  http://www.goesbike.com/articles/279/1/Memilih-ban-sepeda-ada-yang-cantik/Page1.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s