Posted by: kgcgarut-mountainbike | April 26, 2011

Tabel ukuran frame sepeda gunung yang cocok dengan tinggi badan

Membeli sepeda gunung sesuai ukuran badan anda. Ada cara mudah melihat ukuran frame sepeda anda sesuai dengan tinggi badan. Dibawah ini adalah tabel untuk menghitung tinggi badan anda serta ukuran frame yang cocok.  Dibagi atas ukuran wanita dan pria, jenis sepeda seperti all mountain / XC ,  Dirt, Street dan Freeride. Dan jenis ukuran ban dari standar atau 29er yang lebih besar.
Frame sepeda dibagi dalam beberapa ukuran, seperti S Small, M Medium, L Large bahkan XL Extra Large. Untuk menentukan ukuran frame biasanya dijadikan perhitungan kasar sebagai penentu ukuran frame sepeda anda. Tetapi tidak mutlak, karena untuk memastikan kecocokan sepeda anda harus diukur dari panjang kaki, panjang tangan dan panjang pungung si pengendara. Tentu akan sulit membuat sepeda yang benar benar pas dengan badan pengendara. Dengan pembagian ukuran frame sepeda dibawah ini, sedikitnya sudah mendekati kecocokan dari badan pengendara dengan sepedanya. Setidaknya frame sepeda akan lebih mendekati kenyamanan dibandingkan kesalahan dalam membeli sepeda yang terlalu kecil atau terlalu besar.Seperti apa ukuran frame yang kurang tepat, dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Walaupun Anda sudah menentukan ukuran frame sepeda anda pada tabel dibawah ini. Hal terpenting adalah kenyamanan ketika anda mencoba sebuah sepeda baru. Untuk itu terdapat satu lagi ukuran yang perlu diperhatikan, yaitu cobalah sepeda yang anda inginkan. Bila ukuran yang anda coba adalah S, dan anda merasa tidak cocok. Sebaiknya naik ke ukuran M. Demikian juga bila pada tabel tertera dengan ukuran yang cocok adalah M, tetapi anda lebih fit dan pas dengan ukuran S. Tidak ada salahnya mengambil ukuran frame dengan size S. Jadi hal akhir yang menentukan adalah diri anda sendiri. Bukan diri anda yang harus memaksakan untuk cocok dengan sepeda anda. Tetapi sepedalah yang harus dicocokan dengan tinggi badan anda.
Selisih dari ukuran rata rata dibawah nantinya dapat perbaiki dari posisi seatpost, tinggi shock dan panjang dari stem yang anda gunakan.Dibawah ini tabel untuk menghitung ukuran frame dari beberapa model frame sepeda dengan tinggi badan (click gambar untuk memperbesar)

Tertarik menghitung ukuran frame sepeda yang cocok untuk anda , dapat dicoba di www.competitivecyclist.com/   Sumber: http://www.goesbike.com/articles/420/1/Tabel-ukuran-frame-sepeda-gunung-yang-cocok-dengan-tinggi-badan/Page1.html
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: